Cara Menentukan Ban Yang Manis Disertai Jenis Jenis Ban Sepeda Motor

jenis jenis ban sepeda motor - Pengguna kenderaan baik roda 2 maupun roda 4 niscaya mengenal Ban. Hampir semua kita mengetahui apa itu Ban serta fungsinya, tetapi banyak yang tidak mengetahui jenis – jenis dari ban serta profil ban yang mereka gunakan, Ban yaitu peranti atau komponen dari sebuah kendaraan yang bersentuhan pribadi dengan jalan, dengan arti kata ban yaitu ganjal kaki kendaraan. Peranan Ban pada setiap kendaraan bermotor sangatlah penting, dan sangat mempunyai kegunaan untuk mengurangi getaran yang disebabkan oleh permukaan jalan.

Saat anda sedang mengendarai kendaraan, ban juga akan melindungi roda dari keausan dan kerusakan, serta menunjukkan kestabilan antara kendaraan dan kondisi permukaan jalanan untuk meningkatkan kecepatan dan mempermudah pergerakan atau pergesekan antara ban dengan permukaan jalan. Ban Sebagian besar digunakan untuk kendaraan bermotor, dan diproduksi atau dibentuk dari karet sintetik. Ban dan velg merupakan satu kesatuan yang tidak sanggup dipisahkan, lantaran Velg yaitu kaki dari kendaraan serta ban yaitu ganjal kakinya.

Pada dasarnya ban mempunyai bermacam-macam macam model, yang diadaptasi dengan kondisi jalanan, cuaca dan jauh dekatnya suatu perjalanan setiap pengendara.

       Baca juga mengenai: Modifikasi Motor cb klasik

 Berikut beberapa Jenis Ban Sepeda Motor yang ada dan digunakan :

1. JENIS BAN SPORT (SEMI SLICK):


Memiliki grip atau daya cengkram yang luar biasa
Jarak tempuh hanya 1.000 mil (1.600 km) atau kurang.
Tipe ban sport di lapangan balap membutuhkan daya cengkram yang tinggi pada dikala menikung
Ban ini sanggup beroperasi pada suhu yang tinggi
Tingkat cengkraman meningkat seiring dengan suhu ban meningkat
Tidak kondusif digunakan di jalan umum, lantaran daya cengkram ban ini gres efektif ketika suhu ban tinggi dan mungkin Anda sudah hingga ke daerah tujuan sebelum suhu ban menjadi panas.
Di balapan, ban ini dipanaskan dengan alat pemanas untuk menghasilkan daya cengkram yang maksimal
Ban ini biasanya digunakan oleh sebagian motor supersport ber cc 1000 keatas, menyerupai ducati panigale dan beberapa supersport lainnya

2. JENIS BAN SPORT TOURING:


    Daya tahan lebih baik dari tipe ban sport
    Daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport
    Daya tikung tidak sebagus tipe ban sport
    Bagus untuk track yang lurus
    Bagus digunakan untuk perjalanan antar kota (jarak jauh)
    Ban jenis ini biasanya digunakan oleh motor sport ber cc menegah hingga besar

3. JENIS BAN TOURING:


    Ban biasanya terbuat dari karet keras untuk daya tahan yang lebih lama
    Pada suhu tinggi daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport dan sport touring
    Pada suhu lebih rendah daya cengkram lebih baik dibanding suhu tinggi
    Lebih cocok untuk mengendarai dalam kondisi hambar atau animo dingin 
    Ban jenis ini pada umum nya digunakan oleh motor – motor berjenis touring baik dari cc kecil 

4. JENIS BAN CRUISER:


    Daya tahan lebih baik dari tipe ban sport
    Daya cengkram atau grip kalah dengan jenis ban sport
    Ban ini sering digunakan untuk motor tipe underbone (bebek) serta beberapa motor touring.

5. JENIS BAN SCOOTER:


    Ban jenis ini khusus digunakan untuk motor skuter menyerupai vespa atau matic
    Memiliki diameter ban yang lebih kecil dari pada ban tipe cruiser
    Memiliki Grip (cengkraman) serta keawetan yang sama dengan ban tipe cruiser.

6. JENIS BAN OFF ROAD:


Ban tipe off road mempunyai tonjolan dan dalaman untuk menghasilkan cengkaraman maksimum pada medan berlumpur, berpasir, atau berkerikil.
Penggunaan Jenis ban off road di jalan raya sangat tidak disarankan lantaran ban tidak stabil pada jalan aspal serta akan cepat kehilangan daya cengkramnya.
Ban ini pada umumnya digunakan untuk motor jenis offroad atau supermoto.

7. JENIS BAN RACING (SLICK/TIPE KERING):


Ban ini hanya khusus digunakan untuk balapan, dan sangat tidak boleh digunakan di jalan umum lantaran amat berbahaya
Ban ini mempunyai harga yang sengat mahal serta umur pemakaian yang relative singkat
Tekstur segitiga di ban lebih banyak (semakin banyak semakin berpengaruh daya cengkram)
Tipe ban racing dibentuk dengan karet yang lebih lembut biar sanggup mendapat grip yang maksimal
Ban ini sangat Tidak cocok digunakan dalam keadaan basah,karena tidak ada daya cengkram dan sangat licin
Tidak cocok digunakan pada animo dingin, semi dan gugur.

8. JENIS BAN RACING (TIPE BASAH):


Ban Jenis ini mempunyai karakteristik yang sama dengan ban tipe kering hanya saja khusus digunakan pada dikala hujan atau setelah hujan
Ban Jenis ini mempunyai alur yang sangat banyak dengan tujuan sebagai jalur pembuangan air, jadi ban sanggup menapak tepat di permukaan jalan,
Ban tipe berair ini juga dibentuk dengan karet yang sangat lembut,
Ban jenis ini sanggup digunakan dijalan raya tetapi dengan umur pemakaian yang singkat.

Semua itu yaitu jenis jenis tipe ban sepeda motor, dengan adanya pengetahuan perihal jenis ban sepeda motor itu menciptakan kita yang terutama memakai/beraktivitas sehari-hari menggunakan sepeda motor tidak salah dalam menentukan ban motor yg akan kita gunakan, lantaran salah menentukan jenis ban motor akan berakibat fatal bagi pengendar/orang lain ataupun motor itu sendiri.

Semoga postingan ini bermanfaat bagi kita khususnya pencinta otomotif. Salam sukses dan selamat berkenderaan dengan kondusif dan nyaman serta jangan lupa patuhi rambu-rambu kemudian lintas.

Comments

Popular posts from this blog

Ukuran Tingkat ketelitian Pembuatan Rangka Trail Grasstrack

55 Gambar Cewek Modifikasi Biduan Modifikasi Model Modifikasi Motor Kontes

Ukuran Tingkat Ketelitian Cara Bikin Rangka Gestrek