F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian

f1zr Modif Trail  - Motor angsa 2 tak yang satu ini merupakan motor pilihan cocok buat di modif trail tidak hanya modif trailnya saja semoga tarikan mesin agak kenceng dibentuk korekan harian biar seimbang dengan tampilan trail yang sudah dimodifikasi. Andaikan saja pabrikan yamaha mengeluarkan spek tampilan trail f1zr mungkin kita tidak akan kelabakan mencari dan merikit yamaha f1zr tersebut. tapi disinilah keratifikats kita sedikit keluar untuk memodif f1zr kita sendiri. 
Yamaha memang tidak mengeluarkan model terbaru dari dari tipe angsa 2 tak f1zr tersebut alias limited edition. untuk sekelas motor angsa 2 tak f1zr , menyerupai halnya suzuki jagoan 2 tak bukan tidak banyak digemari para pecinta motor trail atau bahkan mencurigai tenaga dari motor tersebut, akan tetapi untuk sekelas balap grasstrack Suzuki jagoan dengan 6 speed ini sulit untuk mendapat power yang lebih ketimang dengan 4 speed. 
Yang akan dibahas dibawah ini Untuk Spesipikasi korekan buat Adventur, saya beritahukan ini ialah korekan sederhana dipakai untuk harian cocok sekali buat sekelas even adventure dengan materi bakar tidak terlalu boros untuk menjangkau track tempuh sepanjang Km (kilo meter).
 tak yang satu ini merupakan motor pilihan cocok buat di modif trail tidak hanya modif tra F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian
F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian
Untuk Spesipikasi Korekan Mesin Harian, Mesin 2 tak sebetulnya lebih simple dari pada mesin 4 tak, sehingga lebih gampang untuk di ‘explore’. Asal kita tahu teknik dasar  kerja mesin 2 tak. Mesin 2 tak sangat complex dalam kalkulasi. Utamanya memanfaatkan dinamika gerak gas dalam mesin untuk menghasilkan tenaga. Ada fase-fase berbeda yang sangat kuat di dalam crankcase maupun di dalam blok silinder pada waktu bersamaan, sehingga mesin 2 tak bisa bekerja lebih efisien (hanya cukup 360 derajat putaran kruk as, dibandingkan 720 derajat putaran kruk as oleh mesin 4 tak). Inilah yang mengakibatkan ledakan tenaga mesin 2 tak terasa lebih menyengat dibanding 4 tak.
Rahasia tenaga mesin 2 tak ialah pengaturan kompresi primer dan sekunder di dalam mesin. Kutipan Graham Bell pada buku Two Stroke Performance Tuning, modifikasi dan pengerjaan yang terlalu hiperbola (bore up dan atau porting yang terlalu tinggi/lebar) bisa jadi justru menyakitkan alasannya ialah hasil yang jauh dari harapan. Namun pengerjaan sederhana, berhati-hati, dan menunda untuk modifikasi extreme belakangan bisa jadi ialah kunci kinerja mesin 2 tak. Kebanyakan kesalahan ialah menentukan kombinasi yang kurang pas dari komponen mesin sehingga mesin justru berlari lebih parah dari standardnya  Sejalan dengan pengalaman pribadi saya selama menggunakan F1Z95. 
Kutipan di atas memang benar 100 pesen. Pingin motor bisa ngacir melebihi standard nggak perlu  modifikasi ‘ekstrim’ macam bore up atau porting yang ekstra tinggi/lebar. Nah, yang akan DSH bahas cara simple dan termudah (menurut saya) dalam meningkatkan tenagamesin generasi Yamaha ForceOne . Syarat selanjutnya mesin F1ZR ente harus dalam kondisi fit. Bakal percuma kalau mau ‘korek ringan’ tapi  mesin dalam kondisi nggak sehat. Ntar butuh dana lebih untuk ngganti part ini dan itu. Ingat, tujuannya kan ngirit duit. Liner pada silinder blok juga harus masih orisinil bin ori bawaan motor. Belum  boringan (ganti boring/liner alasannya ialah os udah habis).  Kenapa harus asli?. Karena materi liner pengganti tidak sekuat liner orisinil bawaan motor. Juga tidak tahan panas. Praktis memuai. Selain itu jendela porting dipastikan tidak sama dengan liner asli. Sirkulasi materi bakar bakal ngaco. DSH pernah pakai liner ‘boringan’. Tenaga motor jauh banget di bawah standard. Apalagi bila mesin udah panas. Letoy. Sektor pengapian, karburator dan membran juga dalam kondisilayakpakai.
Spuyer   Karburator
 tak yang satu ini merupakan motor pilihan cocok buat di modif trail tidak hanya modif tra F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian
F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian
Dasar kerja mesin mengubah  energi panas menjadi energi gerak. Pembakaran jadi kunci utama pencipta tenaga. Syarat pembakaran mesti ditunjang bensin, udara dan api busi.
Yaitu Cara gampang pertama yaitu cukup jetting karburator tanpa merubah sektor mesin. Suplai bensin dan udara kait mengait menjadi satu. Pencampurannya diatur karburator.  Memperbesar suplai bensin lewat karburator indentik dengan menganti spuyer. Pasti mengaplikasi yang lebih gedhe. Jangan lupa setelan angin mesti diperbesar dikit. Dibiarkan ,brebet. Sebetulnya sih diubahsuaikan dengan setting mesin. Namun,boleh dirata-rata ditambah 0,25-0,5 putaran. Perlancar juga laju udaranya. Saringan pada box filter mesti sering dibersihkan. Ruang bakar dan lubang portingnya jugaharus bersiihhhhh. Suplai materi bakar dari karbu bertambah. Harus dimbangi pengeluaran yang makin lancar juga. Knalpot montor sampeyan harus bebas kendala dari kotoran dan kerak. Maka kudu rajin dibersihkan. Masih kurang puas? Oke, mari dilanjut ketahap berikutnya.
Meningkatkan kompresi identik dengan motong permukaan kopnya.
 tak yang satu ini merupakan motor pilihan cocok buat di modif trail tidak hanya modif tra F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian
F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian
Kop yang sudah dipotong, Tapi jikalau enam-enam (sayang), bisa mengaplikasikan paking kop yang lebih tips. Bikin saja paking dari kaleng minuman bersoda. Jangan lupa dioles sealer/lem. 
 tak yang satu ini merupakan motor pilihan cocok buat di modif trail tidak hanya modif tra F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian
F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian
Paking kop bikinan dari kaleng minuman bersoda. tipis. Ada juga biker yang nekat nggak pakai paking kop. Efeknya kompresi malah bocor. Bisa juga ngganti paking pantat silinder blok dengan yang lebih tipis. Lagi-lagi mbikin sendiri, tapi dari kertas bekas bungkus pasta gigi atau kertas gambar. Jangan lupa oles juga dengan sealer/trebon.

Pembuangan diperlancar
Pemasukan materi bakar dipermudah. Tambah lancar diiringi menghaluskan alur kulit jeruk pada lubang-lubang (porting) di blok silinder. Pakai kikir lingkaran kecil dan difinishing amplas sudah cukup.
 tak yang satu ini merupakan motor pilihan cocok buat di modif trail tidak hanya modif tra F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian
F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian
haluskan kulit jeruk pada lubang porting
Setelah pemasukan dipermudah, wajib hukumnya pembuangan ikut diperlancar. Dibiarkan bakal mbrebet. Ibarat insan susah buang air besar. Mules perut sampeyan. Makanya sekat di knalpot mesti dibobok.
Perbesar bunga api busi
Merombak pengapian termasuk berat. Apalagi pakai program ganti CDI, magnet,dan tetek bengeknya. Berat di ongkos. Idelanya api busi gedhe dan lama. Tuntas mengkremasi gabungan bensin udara. Namun kalau hanya meladeni semikorek, cukup gunakan pengapian standar. Paling sip kalau spul, pulser, CDI, dan koil ori Yamaha.
Bila mau modal dikit, gunakan busi racing. Kepepet, cukup pakai busi standar, tapi kodenya naik dua angka. Tujuannya semoga tidak gampang panas karena terlalu gedhe suplai gas baru.
 tak yang satu ini merupakan motor pilihan cocok buat di modif trail tidak hanya modif tra F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian
F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian

busi
Jangan lupa, kerenggangan busi harus selalu pas. Tujuannya, semoga bunga api busi gedhe dan panjang. Rata-rata pabrik merekomendasi 0.7–0,8mm.
Tingkatkan sistim kerja pemindah daya Kalau dirasa tenaga motor udah naik, selanjutnya tingkatkan pemindah daya, yaitu kopling. Cukup pakai kampas kopling ori Yamaha. Ngemodal dikit ganti per kopling racing.
 tak yang satu ini merupakan motor pilihan cocok buat di modif trail tidak hanya modif tra F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian
F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian
 tak yang satu ini merupakan motor pilihan cocok buat di modif trail tidak hanya modif tra F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian
F1zr Modif Trail Dan Spesipikasi Korekan Mesin Harian

kanan per kopling racing
Bisa juga menggunakan kampas kopling  Suzuki FR. Tapi harus main bubut. Lumayan repot.
Hal terakhir yang bisa dilakukan ialah seting final gear. Tenaga motor yang udah naik, bisa mengaplikasi gir yang lebih berat. Misal tadinya pakai gir 14:37, boleh pakai 14:35. Efeknya napas jadi nambah panjaaang, top speed pun naik tanpa mengorbankan akselerasi motor.
Jangan lupa musti dirawat rutin. Jangan malas mebersihkan karburator, ruang bakar, knalpot, dan ganti oli mesin. Bakal percuma mesin semi korek tanpa dirawat.





Comments

Popular posts from this blog

Ukuran Tingkat ketelitian Pembuatan Rangka Trail Grasstrack

55 Gambar Cewek Modifikasi Biduan Modifikasi Model Modifikasi Motor Kontes

Ukuran Tingkat Ketelitian Cara Bikin Rangka Gestrek