Pengecekan Terencana Kelistrikan Speda Motor Terbaru

PENGECEKAN BERKALA KELISTRIKAN Sekolah Menengah kejuruan OTOMOTIF SPEDA MOTOR TERBARU - Kelistrikan pada sepeda motor merupakan jantungnya sepeda motor supaya dapat berfungsi sebagai alat transportasi. Karena dengan adanya sistim kelistrikan tersebut maka fungsi mekanik lainnya dapat bersinergi untuk bergerak.
Kerja Kelistrikan Sepeda Motor
Sebagai pola adanya gerakan piston naik turun melaksanakan langkah kompresi hisap dan buang dikala pertama kali dinyalakan akan gagal ketika kunci kontak belum di posisi on. Hal ini alasannya yaitu busi yang berfungsi sebagai pemantik api belum bekerja. Sebagai pengendara sepeda motor sebaiknya mengerti hal-hal sederhana terkait dengan kelistrikan sepeda motor.
Komponen Kelistrikan Sepeda Motor :
Spool Koil dan Regulator
Secara umum, kelistrikanpada sepeda motor terdiri atas spool koil yang ada dalam kumparan magnetic. Spool koil ini biasanya terletak di sisi kiri dari mesin sepeda motor. Fungsi spool koil ini yaitu sebagai pembangkit tenaga listrik sepeda motor. Komponenkelistrikan lainnya yaitu regulator.
Tugas regulator ini yaitu mengatur dan mengubah tegangan menjadi 12 Volt DC. Sehingga dari tegangan 12 volt DC ini lalu digunakan untuk fungsi lampu penerangan, klakson, flaser, CDI dan pengisian accu sebagai buffer sumber listrik sepeda motor tersebut.

Baterai atau Accu dan Sekering

Komponen kelistrikan sepada motor lainnya yaitu baterai atau accu. Baterai ini berfungsi penyimpan sumber listrik sepeda motor. Type accu ini ada 2 macam. Ada accu kering dan acuu basah. Untuk sepeda motor usia bau tanah (sekitar 1990-an masih memakai accu basah). Sedangkan sepeda motor tahun 2000-an ke atas sudah memakai accu kering yang memiliki keunggulan free maintenance.
Untuk accu berair harus rajin melaksanakan pengecekan terpola terhadap level air accunya -jangan hingga kering atau habis air accunya, alasannya yaitu bila hingga kering maka accu tersebut akan rusak. Komponen kelistrikan yang lain yang tidak kalah pentingnya yaitu sekering. Sekering ini dipasang sebelum daya masuk ke accu. Sekering berfungsi membatasi daya yang masuk ke accu akhir over voltage atau konsleting komponen lain. Jika terjadi kelainan kelistrikan maka sekering akan putus.

Kabel
Komponen kelistrikan lainnya yaitu adalah kabel. Kabel ini berfungsi menghubungkan listrik dari komponen satu ke komponen kelistrikan lainnya. Pada setiap sepeda motor memiliki ciri-ciri
warna tersendiri untuk membedakan antara muatan faktual dan muatan
negatif. Di dalam kelistrikan, beda antara muatan faktual dan negatif ini sangat penting sekali, bila kita salah pasang dapat berakibat kebakaran dalam kelistrikan sepeda motor tersebut.

Warna Kabel


Untuk merek motor Honda hukum warna kabelnya yaitu sebagai berikut, kabel warna hijau masa (-), berlaku untuk semua negatif. Sedangkan kabel warna hitam (+) untuk kunci kontak. Sementara itu, kabel warna putih (+) alternator pengisian. Sedangkan kabel warna kuning (+) arus beban ke saklar lampu. Kabel biru (+) untuk lampu
jauh.
Kabel warna abu-abu (+) flasher. Kabel Biru maritim (+) sein/reting kanan, kabel warna orange (+) sein/reting kir, kabel warna
coklat (+) lampu kota, kabel warna Hitam-Merah (+) spul CDI, Hitam-Putih (+) kunci kontak, Hitam-Kuning (+) koil, Biru-Kuning (+) pulser CDI, Hijau-Kuning (+) lampu rem.
Untuk tempat tropis ibarat Indonesia kelistrikan ini mesti dilakukan pengecekan berkala. Hal ini untuk memastikan semua sambungan kabel tidak berkarat atau ada jamurnya ataupun ada airnya.

Comments

Popular posts from this blog

Ukuran Tingkat ketelitian Pembuatan Rangka Trail Grasstrack

55 Gambar Cewek Modifikasi Biduan Modifikasi Model Modifikasi Motor Kontes

Ukuran Tingkat Ketelitian Cara Bikin Rangka Gestrek